Mengenal Pembuatan Biola


Sebelum membicarakan pembuatan biola, kita lebih baik dulu membahas beberapa istilah yang banyak dipakai dalam pembuatan biola.


  1. Ukuran Biola
    Ukuran biola yang asli adalah 4/4. Disamping itu ada ukuran biola yang lebih kecil. Ukuran ini dibuat berdasarkan rata-rata panjang tangan pemain.



    Variasi Ukuran Biola


  2. Cetak Biola (Violin Mold)
    Cetakan biola diperlukan agar hasil se-akurat mungkin sesuai dengan model biola yang diinginkan.





  3. Slab-cut
    Cara memotong kayu 180 derajat dari cincin pertumbuhan kayu
  4. Quarter-swan
    Cara memotong kayu dengan sudut antara 60-90 derajat dari cincin pertumbuhan kayu tersebut
  5. Animal Hide Glue

    Adalah lem yang terbuat dari rebusan yang lama dari jaringan ikat hewan. Rebusan ini akan memecah kolagen dari kulit, tulang, otot tendon dan lain-lainnya. Binatang yang paling sering dipakai adalah Kuda. Selain itu dapat juga digunakan dari kelinci dan ikan.

Cara Memotong Kaya Slab-Cut dan Quarter-sawn



  • Bagian Badan Atas (Top/Soundboard)


    Top Plate

      Dibuat dari kayu Spruce (Cemara) yang dilubangi dengan bentuk huruf F. Fungsinya adalah sebagai lubang suara (Sound Hole). Kayu spruce secara quarter-sawn. Bagian ini adalah bagian paling stabil. Tiga buah garis di tepi bidang ini, yang disebut purfling. Purfling dibuat untuk menghindari keretakan.
       
    Purfling

      Biasanya purfling terdiri dari satu garis berwarna cerah dan diapit dengan dua garis berwarna gelap.
  • Bagian Badan Bawah dan Rusuk (Back/Ribs)
    Bagian belakang dibuat dari kayu Maple. Biasanya dibuat dengan corak garis-garis bernama flame. Kayu tersebut dipotong dengan teknik slab-cut atau quarter-sawn. Bagian bawah dari biola ini biasanya juga di-purfling. Namun terkadang tak sebagus dibagian atas. Beberapa biola bahkan hanya mengecat purfling, bukan dipahat.




  • Leher (Neck)
    Leher biola umumnya dibuat dengan kayu maple (sama dengan bahan back dan ribs). Pada bagian inilah ditempelkan fingerboard yang terbuat dari kayu ebony atau kayu lain yang dicat hitam. Ebony lebih disukai karena kekerasan dan ketahannya dalam pemakaian yang lama. Neck tidak dipernis, tetapi hanya dipoles. Ini dilakukan agar memudahkan pergerakan tangan dengan cepat.


  • Merancang Neck

    Potongan Kayu Ebony Sebelum Dibentuk Fingerboard






  • Jembatan (Brigde)
    Brigde dibuat dari kayu maple dan dipotong dengan sempurna. Fungsi dari bridge adalah sebagai penerus getaran senar ke lubang suara. Beberapa aturan diterapkan dalam pembuatan brigde.

    1. Brigde harus terletak di tengah-tengah jarak antara kedua lubang F
    2. Letak senar bass pada brigde harus terletak 1-2 mm diatas Batang Bass (Bass Bar)
    3. Bridge harus diletakkan sehingga baik senar 1 dan senar 4 terletak pada jarak yang sama dari tepi masing-masing senar
    4. Letak brigde harus persis segaris dengan notch pada Lubang F


    Brigde

    Gambar dibawah ini adalah alat-alat yang dipergunakan untuk membuat brigde:









  • Sound Post dan Bass Bar
    Bagian ini harus tepat diantara bagian back dan top dari biola. Berhati-hatilah menempatkan sound post. Berubah beberapa milimeter saja akan membuat perbedaan yang besar. Untuk mengatur letak sound post digunakan alat seperti dibawah ini:


    Herdim Setter

    Hanya telinga terlatih yang dapat mencari posisi sound post yang tepat. Semakin mendekati fingerboard akan semakin keras suaranya. Sebaliknya posisi mendekatai tail piece akan melembutkan suara. Pada dasarnya posisi Sound Post dipasang dengan posisi seperti dibawah ini:


  • Tailpiece
    Tailpiece bisa dibuat dari berbagai macam bahan. Bisa dari kayu, plastik atau fiber karbon. Jika dari kayu, biasanya dibuat dari kayu ebony, pernambuco, boxwood, atau rosewood. Fungsinya menghubungkan senar biola dengan bagian bawah biola. Ebony dan Pernambuco dapat dibuat lebih tipis sehingga lebih ringan tapi tetap rentan pecah. Pernambuco dapat memperbaiki suara yang terendam sehingga lebih cerah dan fokus. Dilain pihak, ebony menghangatkan suara yang tajam. Sedangkan boxwood dan rosewood bersifat ringan.
  • Pegs/Pegbox
    Peg digunakan untuk menala nada senar. Terbuat dari kayu ebony, rosewood, boxwood atau kayu lainnya.

    Berikut ini adalah alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat Peg.

    1. Peraut Peg (Peg Shaper)

    2. Bor (Drill)




    3. Reamer


    Masalah yang sering timbul pada Peg adalah menciut. Peg dapat menciut kalau kelembaban turun. Semakin besar Peg akan semakin cepat menyusut. Peg juga dapat terlalu lengket, sehingga sukar diputar. Untuk mengatasi ini, anda dapat memberikan peg drop.
  • 3 Responses to “Mengenal Pembuatan Biola”

    1. ukuran untuk badan biola berapa?

      BalasHapus
    2. Info yang sangat berguna nih gan, keren banget. Btw, mampir jg ke blog saya ya gan

      BalasHapus
    3. Gan biola kalo suaranya pelan harus di Spain ya biar suaranya keras lagii

      BalasHapus

    Diberdayakan oleh Blogger.